Sejarah AKPER Teladan Bahagia

 Didalam sejarahnya Akademi Keperawatan Teladan Bahagia didirikan pada tanggal 4 September 2002. Berdirinya Akper Teladan Bahagia pada tahun 2002 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 194/D/O/2002 memutuskan dan menetapkan  memberikan  ijin penyelenggaran program studi keperawatan untuk jenjang Diploma III keperawatan `Akademi Keperawatan Teladan Bahagia yang diselenggarakan oleh  Yayasan Teladan Bahagia, sudah terakreditasi tanggal 23 Agustus 2015 dengan SK BAN – PT 9/156/4411D3/2014 dan tanggal 4 April 2012 SK Dikti 113655/D/T/K- I/2012.

Akademi keperawatan Teladan Bahagia berada  di Doloksanggul dengan alasan bahwa  untuk mengembangkan desa-desa terpencil dengan mendirikan pendidikan kesehatan untuk membantu pemerintah meningkatkan ketersediaan perguruan tinggi ditengah-tengah masyarakat  khususnya dibidang kesehatan yaitu akademi keperawatan yang berkomitmen dalam tridarma perguruan tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dapat tercapai  untuk itu dibutuhkan tenaga kesehatan yang professional dibidang keperawatan secara khusus mereka dibutuhkan di Rumah Sakit, Puskesmas, Panti Werda, Rumah Sakit Jiwa, Klinik, Home Care, Keperawatan Mandiri.

Setelah Akademi Keperawatan Teladan Bahagia di Doloksanggul akper mengalami peningkatan baik dari segi jumlah mahasiswa dan fasilitas yang mendukung dalam peningkatan pendidikan mahasiswa dalam bidang keperawatan. Tahun 2010 untuk peningkatan status Yayasan Teladan Bahagia mengajukan untuk adanya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dengan dua program studi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan untuk  proses pengajuan untuk pendirian STIKES.

Yayasan Teladan Bahagia merupakan Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta (BP-PTS) Akademi Keperawatan Teladan Bahagia  dengan alamat Jalan : Jln. Bukit Inspirasi/Sipalakki Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

Penyelenggaraan Akademi Keperawatan Teladan Bahagia  menaati status AKPER Teladan Bahagia. Penjaminan mutu pengelolaan AKPER Teladan Bahagia termasuk proses belajar mengajar didukung Sistem Penjaminan Mutu Akademik oleh bidang SPMI dan Akademik.

Program studi D-III Keperawatan Teladan Bahagia  dipimpin oleh seorang Direktur yang dalam menjalankan manajemen internal dibantu oleh 3 pembantu direktur. Direktur bertanggung jawab terhadap pengelolaan AKPER ditunjang oleh tenaga kependidikan yang tergabung dalam urusan akademik. Selama proses belajar mengajar, Pembantu Direktur I mengkoordinasi pembelajaran dibantu oleh bidang praktikum di laboratorium, untuk kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian dikoordinasi oleh ketua LPPM (lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat). Pembantu Direktur, SPMI, LPPM dan seluruh pejabat structural yang terpilih selanjutnya ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur.